Tips Memilih Senar Pancing

Senar/nylon Untuk menyalurkan hobi memancing atau berwisata memancing, salah satu alat pancing yang sangat vital adalah senar pancing. Agar supaya tidak putus ketika pancing kita disambar ikan, pastinya kita harus memilih senar pancing yang tepat dan berkualitas.

Senar atau Line ini sendiri, adalah suatu tali terbuat dari bahan khusus yang digunakan untuk memancing. Di senar atau Line inilag kail (hooks), pelampung (floats), timah (sinker) dan asesoris lainnya ditempatkan.

Ada dua bagian senar yaitu main line dan hook line. Pemakaian senar juga harus kita sesuaikan dengan tujuan atau apa yang ingin kita dapatkan ketika kita memancing, apakah ikan kecil atau ikan besar. Dari jenis ikan yang akan kita pancing inilah diameter senar kita sesuaikan.

Hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu. Semakin bagus kualitas senar yang kita pakai, sudah pasti semakin mahal harganya.

Senar yang baik mempunyai mutu stabil. Senar yang baik ini dibuat dari bahan baku berkualitas, dengan menggunakan mesin yang baik dan dengan proses dan quality control yang baik pula. Kestabilan senar dimaksud adalah jika dibuat dengan quality control yang ketat seperti diameter, kekuatan (strength), kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility) dan ketahanan gesek (abrasion resistance)

Jenis-jenis Senar Pancing yang ada dipasaran ada dua yakni Monofilament dan Multifilament. Monofilament adalah Senar dengan serabut (filament) tunggal, dan terbuat dari bahan dasar nylon. Sedangkan Multifilament adalah Senar yang memiliki banyak serabut. Permukaan senar jenis ini kasar, tidak sehalus senar dari bahan nylon. Jenis Senar Pancing ini banyakdipakai pemancing hobi dan biasanya digunakan untuk lomba.

Selain dari Jenisnya, Senar Pancing juga dibedakan dari karakteristiknya. Berikut ini adalah karakteristik Senar Pancing :

Kekuatan (strength) : Seberapa mampu senar dapat menahan beban. Tes kekuatan ini dilakukan dengan menggunakan universal testing machine dengan menarik senar sepanjang 50 cm dengan kecepatan tarikan 200 mm permenit, kemudian senar diuji sampai putus untuk melihat kekuatan maksimalnya.

Kekuatan Ikat Senar (knot strength) : Kekuatan ikat pada simpul, dimana senar akan putus disimpul. Umumnya kekuatannya diukur dengan pons (lbs) atau kg (kilogram). Tes kekuatan simpul dilakukan sama dengan tes kekuatan senar dengan membuat simpul pada tengah-tengah senar yang akan diuji, sampai senar putus pada simpul.

Perpanjangan Senar Pada Saat Ditarik (elongation) : Senar akan mengalami perpanjangan/mulur pada saat menarik beban, sampai titik maksimal dari senar itu tidak dapat mulur lagi. Tes dilakukan dengan menarik senar sampai titik maksimal senar akan putus.

Ketahanan Gesek (abrasion resistance) : Senar yang tidak mudah terkikis / abrasi apabila terkena batu karang, penuntun senar pada joran dan tempat jalannya senar pada ril. Tes dilakukan dengan menggesek senar sampai putus dengan menggunakan amplas berputar dan dihitung jumlah putarannya. Makin banyak jumlah putaran, menunjukkan senar semakin tahan terhadap gesekan.Dan jangan lupa ada 2 jenis yang mendasar dalam memilih Senar yaitu senar yang dipergunakan di laut dan di sungai(air tawar).Karena apabila kita menggunakan senar air tawar atau senar yang tidak  salt resistance maka warna senar akan berubah warna -> (untuk senar yang berwarna ,selain putih),akan tetapi untuk senar2 yang bermerek seperti Varifas,treeline biasanya resistance terhadap air laut.Warna senar juga jangan berpengaruh terhadap response ikan.Untuk tehnik memancing seperi trolling,Pipping ikan tidak terpengaruh terhadap ikan2 jenis plagis.

Kelenturan (flexibility) : Resistensi senar saat ditekuk. Tes dilakukan dengan mengukur resistensi senar pada saat ditekuk. Makin besar resintensinya menunjukkan senar semakin kaku.
III. Kekuatan Senar Dapat Diukur Menggunakan :

Senar Pancing ini, bisa kita uji dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakan Alat Pengetesan Senar dan Manual. Alat Pengetesan Senar berupa mesin khusus untuk tes senar. Keakuratan pengetesan dengan menggunakan alat, dibandingkan dengan secara manual, lebih tinggi.

Pengukuran secara manual, bisa kita lakukan dengan memakai sebuah timbangan, kemudian senar ditarik (timbangan menunjukkan suatu angka) sampai senar tersebut putus.

Kita juga bisa membedakan senar pancing dari kemasannya, yakni senar Komersial dan Senar Hobi.

Senar komersial, merupakan Kemasan senar yang dijual untuk pemakaian yang lebih ekonomis dan kurang memperhatikan kualitas dibandingkan dengan senar hobi. Biasanya pemakaian senar ini untuk mencari nafkah/keuntungan dan digunakan untuk keperluan nelayan membuat/menambal jala.

Senar komersial ini dibagi ke dalam dua jenis yakni Senar Bungkus berupa Senar gulungan tanpa spool dalam bungkusan plastik dengan informasi kekuatan (lbs), diameter (mm) dan panjang senar (m) sedangkan senar pak Senar Pak merupakan Kumpulan senar bungkus, yang dijual dalam bentuk pak ditimbang dengan berat 4,5 kg.

Senar Hobi merupakan Senar yang pemasarannya lebih ditujukan kepada para orang yang memiliki hobi memancing . Senar ini lebih mengutamakan kualitas seperti kekuatan dan diameter. Senar ini dibagi dalam dua jenis yakni Senar Rol Meter berupa Senar gulungan dengan spool, dengan informasi kekuatan (lbs), diameter dan panjang senar dan Senar Rol Berat berupa Senar gulungan dengan spool dan informasi kekuatan (lbs), diameter, panjang senar.

Berbagai jenis senar telah diuraikan. Nah untuk memilih senar ini ada tipsnya. Pertama, ketika memilih senar kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuannya, apakah untuk tujuan komersil atau hobi. Apabila tujuan untuk komersil, maka memilih senar tidak serumit memilih senar untuk hobi.

Berbeda dengan hobi, banyak hal harus diperhatikan dalam memilih, seperti ikan apa yang dicari, tipe memancing (troling, spinning dan lain-kain) untuk perlombaan / tidak, strength (kekuatan) dalam satuan lbs (pon) atau kilogram (kg) dan diameternya.

Selamat berburu ikan :D

20 Tanggapan

  1. wah… baru kali ini ketemu blog khusus penggemar mancing mas…
    Senang ketemu sobat sehobby
    Salam kenal, terima kasih infonya… :D

  2. Lam kenal juga ..bang
    Yaitu Hobby yang gak bisa di tinggalin nich

    Makasih atas kunjungannya ….:D

  3. Waaah… mantabs nich bos tipsnya…
    bisa dicoba nich. langsung dipraktekkan.

  4. oke juga bisa dipraktekkan

  5. Siip @mas Tohir ……kita berbagi ……

  6. mas yudi aku baru beli senar merk fuji menurut mas kwalitasnya bagaimana mas trims

    • To broo narvanbast.
      biasanya kalau menyangkut kwalitas pasti korelasinya “Harga”.Kebetulan saya biasa pakai varivas soalnya Flexibilitynya cukup lumayan.
      Kebetulan untuk Merek Fuji saya belum pernah coba ..ttp share dari temens cukup bagus juga…
      Untuk lebih detail mungkin bisa ke forum-forum broo ..
      tks

  7. lam knal agan2 maaster ,, ak mau bli senar buat kolam harian ikan dbawah 3 kilo,kira2 yg bagus merk apa ya ,,, tq

    • Lam Kenal Cah Wonosari -> sebenarnya kalau untuk Mancing Kolam paling mudah karena ukuran ikanya sudah kita ketahui …namun kalau saya sendiri pakai yg biasa aja seperti Pioneer .Karena waktu lebih singkat sewaktu fight dgn ikan.Yang terpenting kekuatan Senar (lbs) bisa disesuaikan dgn ukuran ikan di kolam….

      Semoga membantu …..

      Thanks

  8. maturnuwun gan,,salam strike

  9. Salam kenal bg
    Nama awaq dino

    awaq mw nanya nie ..
    Benang pancing yang bagus ., kuat & kagak mudah keriting untuk memancing IKAN MAS .., benang apa yang cocok bg ???

    Thanks before

    Tolong di balas ya bg ..

    • Sorry banget nih broo rahmaddino baru bisa balas
      sebenarnya kalau untuk mancing di kolam,ukuran ikan sudah kita ketahui jadi tinggal menyesuaikan ukuran senar saja.
      Untuk senar bisa dilihat dari ukuran daya tahan senar biasanya di hitung dalam LBS.
      misalkan 0.20 X (1 Lb/Lbs = 0.45) jadi 0.20X0.45 kurang lebih =0.9 (9 Kg).
      Sedangkan untuk Senar yg gak mmudah keriting kalau saya biasanya cuma pakai Varivas,Ribbon juga cukup dengan ukuran 0.30

      semoga membantu…..

  10. nukpang tanya mas…senar yg tahan gesekan kira2 merk apa ya?? maklum pemula…

    • Pada dasarnya senar Multifilament kuat akan gesekan dari pada yang Monofilament.karena terbuat dari bahan yg banyak serabutnya..kang.!!! untuk merek yaa biasanya lebih mahal pasti kwalitasnya lebih hehehe…semoga membantu…salam kenal kang fauzan.

  11. tremakasih ya om.., info ini sangat membantu sekali, trutama buat saya dan kawan2 saya, klo boleh tau umpan yang cocok untuk ikan mas (lomba) apa tuh ommmm…???

    salam Buncit Fishing Club. mancing maonahhhh yaeeeee :)

    • To agan Bhoank Fals

      Sebenarnya Umpan Ikan MAS untuk Lomba Mancing atau Galatama pilihannya banyak banget.Nah saking banyaknya entar kita jadi bingung ndiri gan.hehhehe.Apalagi kalau cari di mbah Google waduhhhh ampunn deh.Soalnya nggak semua yg ada kan cocok buat si ikan MAS.

      Jadi Yach mungkin bisa di coba atu-atu dulu mana yg cocok ama selera si ikan MAS.

      Trima kasih gan udah mampir..

  12. Merk senar yang mantap donk.

    • Sebenarnya untuk merek senar yang mantab banyak banget Gan karena bisa dilihat dari harga Senar itu sendiri.Tapi kalau ane pakai VARIVAS.Selain Flexiblility nya oke bisa buat di Salt dan Fresh Water.

      Trim’s sudah sudi mampir.

      Salam Strike

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: